Search
  • Admin

Aturan Keamanan Yang Harus Dipatuhi Sebelum Menggunakan Genset

Updated: Sep 1


Listrik yang padam adalah salah satu hal yang memusingkan bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan Iistrik menjadi sumber utama bagi kehidupan seseorang. Terlebih lagi di era modern saat ini begitu banyak alat elektronik yang serba canggih yang tidak hanya usia muda mengetahuinya namun juga sampai dengan usia tua sudah menggunakan alat canggih seperti handphone. Namun tidak banyak yang tahu bahwa terdapat suatu resiko terjadi apabila alat elektronik tidak ada sinyal atau listrik langsung padam. Yang paling parah yaitu jika hal tersebut terjadi pada suatu perusahaan atau industry berjalan yang mengutamakan listrik sebagai penyokong. Dan genset adalah salah satu pilihan tepat untuk anda yang ingin agar listrik berjalan lancar tanpa kendala. Dengan harga yang terjangkau tentunya genset menjadi pilihan paling tepat. Selain itu dengan daya lebih hemat anda tidak perlu takut dengan tagihan listrik membengkak.


Poin Penting untuk Dicatat untuk Meningkatkan Tindakan Keamanan: -


Ketahui Persyaratan Anda

Hal pertama dan terpenting yang harus dipertimbangkan saat memeriksa keamanan gene

terbatas pada menjalankan peralatan rumah tangga, generator dengan kapasitas kurang dari 5000 watt sudah cukup. Begitu pula jika tujuannya juga mencakup memompa air atau memanaskan rumah, kapasitasnya akan turun di kisaran 65000 watt.

Seorang ahli listrik dapat dikonsultasikan untuk mendapatkan detail yang benar dan dia juga dapat membantu memilih model yang sesuai. Anda juga disarankan untuk menghitung total kebutuhan menggunakan kalkulator watt. Jika Anda baru mengenal konsep generator, Anda bisa mendapatkan ide tentang berbagai jenis, desain, dan praktik terbaik dari situs online mana pun yang dapat dipercaya.


Temukan Tempat Penyimpanan yang Tepat


Karbon monoksida dihasilkan saat menjalankan generator portabel. Beberapa gas berbahaya lainnya juga kemungkinan akan dilepaskan selama proses tersebut. Oleh karena itu, selalu pastikan genset tidak disimpan di dalam rumah. Ini harus ditempatkan dengan aman di luar ruangan. Semua ruang tertutup harus dihindari. Bukan ide yang baik untuk menggunakan generator di ruang bawah tanah atau garasi. Jarak yang disarankan minimal 20 kaki dari jendela atau pintu yang terbuka dari sebuah bangunan. Karena gas tidak berwarna, mereka tidak akan langsung terlihat.

Gejala ketidaknyamanan yang harus diperhatikan jika seseorang menghirup gas berbahaya termasuk

  • Kelemahan umum

  • Pusing

  • Mual

Jika salah satu hal di atas diperhatikan, disarankan untuk segera mendapatkan bantuan medis. Kasus yang parah dapat mengakibatkan kondisi yang fatal, jadi perhatian yang tepat harus segera diberikan. Perhatikan juga bahwa jika gas mengandung etanol, ini akan merusak saluran bahan bakar. Jadi harus berhati-hati untuk membuang kelebihan gas sebelum generator dimatikan.


Jika salah satu hal di atas diperhatikan, disarankan untuk segera mendapatkan bantuan medis. Kasus yang parah dapat mengakibatkan kondisi yang fatal, jadi perhatian yang tepat harus segera diberikan. Perhatikan juga bahwa jika gas mengandung etanol, ini akan merusak saluran bahan bakar. Jadi harus berhati-hati untuk membuang kelebihan gas sebelum generator dimatikan.


Hindari Hujan dan Kondisi Basah Lainnya


Pastikan untuk tidak pernah mengoperasikan genset dalam kondisi basah atau hujan. Ini adalah salah satu proses yang paling berisiko karena kemungkinan sengatan listrik terlalu tinggi. Listrik yang dihasilkan dari set saat terkena air terbukti bisa sangat fatal. Itu dilakukan dengan cepat dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada orang-orang serta properti. Jadi, pastikan generator disimpan di tempat yang kering dan berventilasi baik. Lakukan tindakan perlindungan selama musim hujan untuk menghindari bencana. Pastikan juga terlindungi dengan baik dari kelembaban.


Hindari Makan Kembali


Anda harus selalu ingat untuk tidak memasang genset ke sumber listrik langsung. Jika ini terjadi, daya akan mengalir kembali dari sumber daya utama dan akan menyebabkan kerusakan. Proses ini disebut memberi makan kembali dan telah diketahui menyebabkan bencana yang mengancam jiwa. Ini juga mengganggu kelancaran operasi genset. Dianjurkan untuk menggunakan sakelar transfer untuk memastikan keamanan. Pastikan ahli listrik memeriksa saluran masuk sumber utama dan switchboard yang terlibat.


Penyimpanan Bahan Bakar


Generator menggunakan bahan bakar untuk bekerja dengan lancar. Ini tidak dapat disimpan di sembarang tempat. Bahan bakar harus disimpan dalam wadah kering dan bebas kelembaban yang disetujui. Ini harus dijauhkan dari bahan yang mudah terbakar dan sumber api. Hanya orang yang bertanggung jawab yang diperbolehkan untuk menangani dan harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Hewan peliharaan tidak diizinkan berada di dekat lokasi generator. Ingatlah selalu untuk mematikan sakelar daya pada genset saat mengisi bahan bakar. Katup bahan bakar juga harus dijaga dalam posisi OFF.


Berhati-hatilah Saat Menggunakan Kabel Ekstensi Luar Ruangan


Jika perlu menggunakan kabel ekstensi luar ruangan, selalu gunakan kabel karet atau pelindung berinsulasi lainnya untuk menghindari lalu lintas pejalan kaki. Penting untuk memberi tahu semua orang bahwa kabel ekstensi terhubung ke generator. Pastikan lokasinya dan tersebar di area dengan lalu lintas pejalan kaki yang kurang atau minimal.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan mengenai hal yang penting diketahui mengenai aturan keselamatan kerja genset yag perlu anda ketahui. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi dasar aturan tersebut akan membantu cara kerja genset dan menjadikan anda lebih mudah untuk mengoperasikan genset tersebut. Apabila anda ingin mendapatkan genset dengan pilihan beragam dan harga terbaik segera kunjungi kami di POWERLINE dan miliki genset yang anda inginkan.