Search
  • Admin

Bagaimana Cara Generator Set Bekerja ?

Updated: Sep 1

Genset - terkadang disebut 'genset' adalah unit peralatan yang dibangun dari sebuah mesin, generator listrik (alternator) untuk menghasilkan energi listrik dari bahan bakar. Dalam hal ini kita melihat bentuk mesin-generator diesel di mana mesin pengapian kompresi diesel dibuat untuk dijalankan dengan bahan bakar diesel, mereka diandalkan oleh banyak bisnis dan organisasi lain untuk memasok tenaga listrik yang mereka butuhkan selama pemadaman, pemadaman listrik, atau gangguan lain apa pun ke daya listrik, mereka juga dapat digunakan sebagai sumber daya berkelanjutan untuk banyak aplikasi lain termasuk, acara, menyalakan rumah off-grid dan banyak lagi. Ada banyak jenis dan konfigurasi generator, tetapi pada dasarnya semuanya bekerja dengan cara yang sama, dan memiliki komponen inti yang sama.

________________________________________

Bagaimana Generator Diesel menghasilkan Listrik?

Generator diesel mengubah energi mekanik (gerakan) menjadi tenaga listrik dan menyalurkannya melalui kabel listrik. Bayangkan listrik mengalir melalui kabel dengan cara yang sama seperti air mengalir melalui pipa. Generator dapat dianggap sebagai semacam 'pompa listrik' yang menyebabkan listrik mengalir melalui kabel. Ini tidak benar-benar membuat atau menghancurkan elektron yang mengalir melalui kabel seperti pompa air menciptakan air baru. Itu hanya menyebabkannya bergerak dengan cara yang berguna.

________________________________________

Komponen Generator Diesel


  • Mesin


Ini biasanya adalah mesin diesel, seperti pada kendaraan besar, semakin besar sumber energi mekanik, semakin banyak daya listrik yang bisa keluar 'ujung yang lain'.


  • Alternator


Ini adalah bagian yang mengubah energi mekanik (putaran poros) menjadi tenaga listrik melalui induksi. 'Bagaimana' dari alternator adalah salah satu bagian yang paling menarik dari sebuah generator. Faraday menemukan (atau setidaknya menjelaskan) proses 'induksi elektromagnetik' di awal tahun 1830-an. Prinsip ini menyatakan bahwa jika Anda memindahkan kawat (atau konduktor listrik apa pun) melalui medan magnet, arus listrik 'diinduksi' di kawat. Hal yang sama berlaku jika kawat diam dan medan magnet bergerak. Bergerak melalui medan magnet menyebabkan elektron mengalir melalui kawat. Jika kabel bergerak ke utara-selatan, elektron mengalir ke satu arah, dan jika bergerak kembali ke selatan-utara, mereka mengalir ke yang lain. Semakin kuat medan dan semakin panjang kabelnya, semakin besar jumlah arus yang diinduksi. Generator modern bekerja dengan menempatkan beberapa magnet besar dan kuat dalam sebuah cluster di sekitar poros pusat yang berputar. Ini disebut 'rotor' atau 'angker'. Magnet mungkin saja magnet permanen atau elektromagnet, tetapi intinya adalah magnet tersebut menghasilkan medan magnet, yang menyebabkan mesin berputar. Sub-komponen penting lainnya dari alternator adalah 'stator', yang pada dasarnya adalah rangkaian kumparan kawat yang dibundel rapat, semuanya dikemas rapat di sekitar rotor. Ketika gaya luar (seperti mesin diesel) memutar poros pusat, rotor secara konstan menggerakkan kutub utara dan selatan medan magnetnya melintasi bundel kawat yang mengelilinginya. Hal ini menyebabkan banyak arus listrik mengalir bolak-balik melalui kabel - yang kita sebut daya listrik 'arus bolak-balik' atau 'AC'.


  • Sistem Bahan Bakar


Ini biasanya adalah pasokan bahan bakar diesel untuk mesin. Bagian yang paling jelas adalah tangki yang menampung bahan bakar yang cukup untuk setidaknya 6-8 jam pengoperasian. Tangki ini mungkin berada di dalam rumah generator untuk unit yang lebih kecil, atau portabel, atau mungkin merupakan struktur eksternal terpisah untuk unit yang lebih besar dan dipasang secara permanen. Bagian lain dari sistem bahan bakar melibatkan pekerjaan pipa untuk mengalirkan bahan bakar ke mesin, pompa bahan bakar yang serupa dengan yang ada di kebanyakan kendaraan, filter bahan bakar, dan pipa atau katup ventilasi untuk tangki bahan bakar, mencegah tekanan berlebih atau vakum di dalam. Juga akan ada koneksi overflow yang memastikan bahwa jika tangki terisi penuh, bahan bakar disalurkan, dan tidak hanya terciprat ke permukaan mesin atau alternator.


  • The Voltage Regulator


Ini adalah komponen yang cukup kompleks tetapi penting. Tanpanya, tegangan dan arus listrik arus AC yang diberikan akan berbeda-beda sesuai dengan kecepatan mesin. Karena peralatan listrik modern mengandalkan catu daya yang sangat stabil, diperlukan sesuatu untuk meratakannya. Cara kerja regulator tegangan cukup cerdik dan berada di luar cakupan artikel ini. Mungkin cukup untuk mengetahui apa yang dilakukannya, untuk saat ini.


Sistem Pendingin


Sama seperti di dalam kendaraan, mesin menghasilkan banyak limbah panas selain energi mekanik. Daya yang mengalir melalui alternator juga menghasilkan panas melalui hambatan listrik dari kabel itu sendiri. Sekali lagi, seperti di mobil Anda, panas ini direndam oleh cairan pendingin, sering kali tetapi tidak harus air, yang kemudian mengalir melalui penukar panas, membuang panasnya ke udara, atau terkadang ke cairan pendingin sekunder.


Sistem Pembuangan


Semua mesin pembakaran internal menghasilkan gas buang. Ini beracun dan harus diarahkan jauh dari mesin itu sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Gas buang biasanya disalurkan melalui pipa dan dibuang ke udara luar. Biasanya terdapat peraturan kesehatan dan keselamatan tentang bagaimana dan di mana sistem pembuangan harus disalurkan, jadi konsultasikan dengan cermat sebelum memasang generator baru.


· Sistem Pelumasan (oli)


Setiap mesin membutuhkan pelumasan, dan ini ditangani oleh pompa oli dan reservoir yang terpasang pada mesin itu sendiri.


Sistem Starter & Baterai


Sekali lagi, seperti halnya di dalam mobil atau truk, motor diesel mengandalkan motor listrik kecil untuk mulai berjalan. Motor starter listrik ini ditenagai oleh baterai, yang diisi oleh pengisi daya terpisah atau keluaran generator itu sendiri.


Panel Kontrol


Panel kontrol adalah tempat generator dioperasikan. Kontrol & keluaran khas yang disertakan pada sebagian besar panel kontrol adalah:

• Kontrol start / shutdown (manual, otomatis, atau keduanya)

• Sakelar pemilih fase

• Sakelar frekuensi

• Sakelar mode mesin

• Bahan bakar mesin

• Oli mesin

• Kecepatan mesin

• Temperatur pendingin

• Pengisian baterai

• Tegangan keluaran generator

• Arus keluaran generator (ampere)

• Output Generator dalam kVA

• Frekuensi daya AC


· Bingkai / Perumahan


Regenset akan ditampung dalam wadah tahan cuaca, rangka struktural terbuka, atau unit yang dapat dipindahkan. Semua fungsi ini menjaga komponen tetap bersama dan terpasang dengan kokoh. Ini juga memastikan bahwa semua komponen listrik diardekan dengan aman.


· Kanopi


Generator diesel juga dapat ditutup dengan kanopi yang dirawat secara akustik yang secara dramatis mengurangi tingkat dB, bahkan dari dalam jarak satu meter, kebisingan mesin bisa sangat kecil. Generator dengan kanopi akustik yang menutupi elemen lainnya sering disebut sebagai Silent Generator.

Recent Posts

See All