Search
  • Admin

Komponen-Komponen Generator Diesel dan Bagaimana Fungsinya

Genset diesel atau genset diesel dapat menjadi jalur penyelamat bagi rumah atau bisnis Anda. Ini dapat memastikan pasokan daya yang berkelanjutan saat pasokan listrik Anda gagal, mengambil alih dengan begitu mulus sehingga Anda bahkan tidak akan menyadari perbedaannya. Lebih penting lagi, ini membantu untuk mempertahankan operasi yang berkelanjutan dan mengurangi risiko downtime yang mengurangi keuntungan atau (lebih buruk lagi) mengorbankan kehilangan data. Tentunya genset diesel juga dapat digunakan sebagai sumber tenaga utama yang andal.


Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat generator diesel Anda berfungsi? Apa saja komponen utama generator diesel dan bagaimana fungsinya? Kami merasa bahwa mendidik pelanggan kami adalah cara terbaik untuk membantu mereka membuat keputusan yang tepat tentang generator mana yang tepat untuk mereka. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat lebih dekat komponen utama generator diesel dan fungsinya.



Mesin

Sama seperti kendaraan diesel, generator diesel digerakkan oleh mesin. Ini memberikan energi mekanik yang digabungkan menjadi tenaga listrik oleh .






Alternator

Alternator menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Ini melibatkan menyebabkan elektron mengalir melalui kawat dengan menggunakan medan magnet. Dalam kasus generator diesel, beberapa magnet kuat ditempatkan di sekitar poros berputar yang terpasang pada rotor. Saat poros berputar, rotor terus menggerakkan kutub utara dan selatan medan magnetnya melintasi seikat kabel yang mengelilinginya.

Hal ini menyebabkan volume besar arus listrik mengalir bolak-balik melintasi kabel menciptakan apa yang dikenal sebagai arus bolak-balik / daya listrik AC.


Pengatur tegangan

Besarnya arus listrik yang dihasilkan tergantung dari kecepatan mesin. Namun, sebagian besar peralatan listrik membutuhkan catu daya yang stabil dan konsisten. Untuk menyediakan ini, pengatur tegangan diperlukan untuk memastikan bahwa keluaran daya tetap konsisten.




Sistem bahan bakar

Sistem bahan bakar, seperti halnya kendaraan diesel, menjaga agar bahan bakar tetap mengalir untuk menggerakkan mesin. Sistem bahan bakar akan berisi tangki penyimpanan yang biasanya dapat menjaga generator tetap menyala selama 6-8 jam tergantung pada beban listrik. Ini dapat dipasang ke rumah utama untuk unit yang lebih kecil atau portabel atau dipasang secara eksternal untuk model yang lebih besar.




Sistem pembuangan

Saat bahan bakar diesel terbakar, hal itu menciptakan gas beracun yang perlu dibuang dengan aman oleh sistem pembuangan. Ini adalah jaringan pipa yang menyalurkan gas buang dengan aman ke udara luar.



Sistem Pendingin

Selain menghasilkan energi mekanik, pengoperasian genset diesel menghasilkan banyak panas, sehingga diperlukan sistem pendingin untuk mencegah terjadinya overheating dan kerusakan pada unit. Sistem pendingin adalah jaringan pipa yang membawa fluida pendingin melalui penukar panas, mentransfer panas ke udara luar atau, dalam beberapa kasus, ke fluida sekunder.


Sistem Starter dan Baterai

Motor diesel itu sendiri mengandalkan motor listrik yang lebih kecil untuk menyalakannya dan menjalankannya. Motor starter ini digerakkan oleh baterai. Ini dapat diisi secara eksternal atau menggunakan bagian dari keluaran generator untuk mengisi sendiri.


Panel Kontrol / Sakelar Transfer

Terakhir, panel kontrol memberi pengguna tanggung jawab atas operasi dan fungsi generator. Sebagian besar generator siaga juga memiliki sakelar transfer yang mengaktifkan generator saat daya listrik terputus.

3 views

Recent Posts

See All