top of page
  • Writer's pictureAdmin

Pembangkit Listrik Cadangan Gunakan Genset

Banyak orang beralih ke sumber daya alternatif di rumah, industri atau tempat bekerja mereka dengan menggunakan genset listrik dengan keinginan mereka untuk kemandirian energi.


Salah satu genset yang lebih populer digunakan adalah genset diesel yang merupakan gabungan dari mesin diesel dan kepala genset listrik yang disebut genset. Genset tenaga diesel banyak digunakan di daerah terpencil di mana jaringan listrik tidak tersedia atau tidak dapat menyediakan pasokan reguler serta sumber daya cadangan darurat untuk rumah atau bisnis jika jaringan gagal. Penggunaannya dapat bervariasi dari beban kecil seperti alat-alat listrik atau beban besar seperti bangunan komersial tergantung pada ukuran genset. Genset bertenaga diesel umumnya lebih andal dan efisien.


Cara Kerja Genset Listrik

Pembangkit listrik beroperasi pada fenomena induksi elektromagnetik. Sederhananya, genset pada dasarnya terdiri dari loop panjang kawat yang disebut angker yang berputar di antara kutub magnet. Armature diputar antara kutub oleh poros mesin. Saat berputar, ia memotong medan magnet yang ada di antara kutub magnet yang menginduksi arus listrik di angker. Armature mensuplai arus ke sirkuit eksternal melalui slip ring dan sikat. Cincin slip adalah dua cincin logam padat yang terhubung ke salah satu ujung kumparan jangkar yang berputar. Mereka berputar dengan angker. Sikat karbon tidak bergerak dan tahan terhadap slip ring. Saat arus AC yang diinduksi mengalir ke cincin slip, arus ditransfer ke sikat dan dari sikat ke sirkuit eksternal.


Perhatikan bahwa produksi tegangan hanya bergantung pada gerakan relatif antara kumparan dan medan magnet. Pembangkit listrik saat ini biasanya tanpa sikat dan memiliki bidang berputar dan angker penghasil daya stasioner yang terdiri dari satu set kumparan yang membentuk silinder. Dalam praktiknya, medan magnet biasanya diinduksi oleh elektromagnet daripada magnet permanen dan terdiri dari kumparan medan yang dipasang pada inti besi. Aliran arus dalam kumparan medan menghasilkan medan magnet. Regulasi dicapai dengan merasakan tegangan keluaran, mengubahnya menjadi arus searah dan membandingkan levelnya dengan tegangan referensi.


Secara sederhana, genset hanyalah perangkat yang menggerakkan magnet di dekat kawat untuk menciptakan aliran elektron yang stabil.

Pilihan Genset Perkins Untuk Listrik Cadangan


Genset Perkins hanyalah salah satu dari banyak generator listrik populer yang dijual oleh Powerline Genset. Powerline Genset adalah perusahaan yang sangat dihormati dengan lebih dari 10 tahun pengalaman di industri generator. Selalu berusaha lebih tinggi, Powerline Genset terus meningkatkan standar keandalan dan keamanan genset. Generasi pengguna telah mengetahui dan menghormati merek ini.

22 views0 comments
bottom of page