top of page
  • Writer's pictureAdmin

Bagaimana Mesin Genset Diesel Bekerja Dengan Tepat

Updated: Jun 14, 2021


Generator diesel merupakan peralatan yang penggunaannya diindikasikan untuk aplikasi yang membutuhkan daya lebih dan untuk pengoperasian yang berkelanjutan. Mereka mengubah bahan bakar menjadi energi listrik, melalui pembakaran solar.

Jenis bahan bakar ini, dibandingkan dengan bahan bakar lain seperti bensin, misalnya, dibakar pada suhu yang lebih tinggi, sehingga lebih efisien dan memastikan daya yang lebih besar untuk generator. Generator diesel membutuhkan perawatan rutin agar berfungsi dengan baik.


Secara umum, bagaimana cara kerja generator diesel?


• Pertama, udara dihembuskan ke dalam generator sampai dikompresi;

• Selanjutnya, bahan bakar diesel diinjeksikan;

• Kombinasi dari proses ini, kompresi udara dan injeksi bahan bakar berikutnya, akan berkontribusi untuk menghasilkan panas (intens) yang memicu peradangan bahan bakar. Dengan cara ini, ia memulai pembakaran dan menyebabkan generator hidup.

• Dengan demikian, generator mulai menghasilkan energi listrik yang diperlukan untuk didistribusikan sesuai dengan kebutuhan peralatan yang terhubung dengannya atau tempat / ruang yang akan disuplai.


Perlu dicatat bahwa generator diesel dapat digunakan secara ekstensif, dapat dihidupkan selama berjam-jam, berminggu-minggu, atau hanya sampai listrik utama kembali. Untuk ini Anda harus memastikan bahwa stoknya benar sehingga dapat memenuhi fungsinya.Karena jenis generator ini beroperasi dalam waktu yang lebih lama, maka perlu dilakukan perawatan rutin sehingga dapat memverifikasi bahwa semua komponen beroperasi penuh.Penting untuk memperhatikan mesin genset, merawatnya, dan melumasinya, karena akan terus berjalan selama berjam-jam dan membutuhkan perawatan ini untuk menjaga efisiensinya. Generator diesel adalah jenis generator yang telah mengumumkan keuntungan menjadi lebih ekonomis dan cocok untuk kasus di mana premis utamanya adalah catu daya untuk kegagalan dan dengan efisiensi tinggi untuk daya tinggi seperti kasus industri besar.


Di sisi lain, genset diesel juga menarik karena merupakan bahan bakar yang menjamin kinerja yang lebih baik, yang sangat penting, dalam hal ini, di mana efisiensi merupakan persyaratan. Ini akan menjadi diesel yang akan bertanggung jawab untuk memicu generator, sehingga memulai pembakaran bahan bakar. Tindakan ini menyebabkan poros pusat bergerak, menyebabkan energi mekanik berubah menjadi listrik, dengan bantuan alternator, membuat generator diesel beroperasi.Sebelum memperoleh generator, Anda harus mempertimbangkan beberapa asumsi.


Keuntungan Menggunakan Generator Diesel Yang Perlu Anda Ketahui


Generator diesel direkomendasikan untuk digunakan dalam situasi di mana catu daya kontinu, yaitu, dalam kasus di mana sistem harus beroperasi tanpa gangguan. Karenanya generator diesel ini banyak digunakan dalam acara, hipermarket, konstruksi, rumah sakit, dan dalam banyak konteks lain di mana energi sangat diperlukan.

Diesel adalah bahan bakar yang berasal dari minyak bumi, yang diperoleh dengan menyulingnya pada suhu tinggi, antara 250 ° C hingga sekitar 350 ° C. Selain digunakan pada genset, juga digunakan pada mobil, mesin, truk, perahu, dll. Merupakan bahan bakar yang memiliki keunggulan antara lain memberikan performa tinggi pada peralatan yang menggunakannya.

Jika Anda ingin membeli generator energi, penting untuk terlebih dahulu Anda tentukan tujuan penggunaannya untuk menentukan daya yang dibutuhkan. Di sisi lain, ketika membeli, atau bahkan sebelumnya, sebaiknya merefleksikan jenis bahan bakar apa yang ingin Anda gunakan dan apakah Anda akan menggunakannya terus menerus atau tidak. Dengan cara ini, Anda akan memahami solusi mana yang paling nyaman bagi Anda. Misalnya, jika Anda ingin menggunakannya tanpa gangguan, dipastikan genset diesel adalah solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Ketahui beberapa Keunggulan Generator Diesel:


· Jika dibandingkan dengan generator bensin, generator diesel menonjol karena lebih bertenaga dan lebih ekonomis perawatannya karena bensin adalah jenis bahan bakar yang lebih mahal daripada solar;

· Mesin generator diesel memiliki konsumsi yang lebih rendah, berkontribusi pada efisiensi yang lebih besar, yang sangat penting karena akan bekerja terus menerus. Dan memiliki daya tahan yang lebih besar;

· Mereka adalah peralatan yang menghadirkan ketahanan yang lebih besar dan juga lebih kuat;

· Karena mereka digunakan untuk periode waktu yang lebih lama, mereka menjadi lebih menguntungkan daripada generator bensin;

· Untuk perawatan dan pelumasan mesin peralatan juga lebih mudah dijangkau karena tidak memiliki karburator atau busi. Di sisi lain, generator bensin cenderung lebih mudah aus dan rusak karena menghasilkan lebih banyak panas;

· Siklus hidup lebih lama dibandingkan dengan generator bensin.

Generator diesel, seperti yang dibahas di atas, memiliki siklus hidup yang lebih lama dibandingkan mesin bensin. Namun, pemeliharaan dan pengoperasian yang tepat penting untuk pengoperasian yang benar, tanpa lupa untuk melaksanakan semua inspeksi yang dijadwalkan. Apabila anda memiliki kebutuhan akan genset dengan performa terbaik anda bisa mendapatkannya di powerline.co.id yang menyediakan ragam genset sesuai dengan yang anda butuhkan. Untuk keperluan sparepart juga kami menyajikan beragam sparepart yang tidak hanya lengkap namun juga dengan harga yang terjangkau, sehingga anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Apabila anda memiliki pertanyaan seputar pembelian, ready stok barang dan lain sebagainya bisa menghubungi ke nomor yang tertera pada website resmi kami. Selain itu ada goodiebag menarik yang didapatkan sesuai dengan pembeliannya yang pastinya tidak ingin anda lewati.

bottom of page