top of page
  • Writer's pictureAdmin

Untuk Pemilik Baru Ini Tips Mengoperasikan Genset


Tips Mengoperasikan Genset

Pada saat membeli genset tentu saja biasanya akan mendapatkan satu paket training bagaimana mengoperasikan genset. Hal ini dilakukan penjual genset dalam memberikan dukungan kepada pembeli genset supaya menjaga pelanggan selalu puas.

Tidak terkecuali jika Anda membeli genset Perkins dari Powerline Genset. Kehadiran genset Perkins memberikan sumber listrik dengan kualitas dan kestabilan yang baik, memberikan kemudahan bagi hidup manusia. Mampu menghantarkan daya listrik cadangan ketika terjadi pemadaman, oleh karena itu setiap pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Sayangnya para pemilik baru kerap merasa kesulitan dalam mengoperasikannya. Agar tidak salah langkah,simak ulasan singkat berikut.


Tips Mengoperasikan Genset Bagi Pemilik Baru

1. Rutin Panaskan Mesin

Layaknya kendaraan seperti mobil atau motor, mesin genset Perkins juga harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum diberikan beban. Setidaknya luangkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit saja, dijamin genset mampu hasilkan daya listrik berkualitas sesuai kebutuhan. Menjaga putaran mesin tetap stabil, merupakan tujuan utama memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan.

Bahkan sang pemilik memiliki kewajiban untuk memanaskan mesin genset meski jarang digunakan sekalipun. Lakukan pemanasan mesin secara berkala agar oli melumasi seluruh komponen untuk menghasilkan listrik berkualitas. Dengan melakukan perawatan rutin, dijamin alat pembangkit listrik satu ini mampu beroperasi hingga puluhan tahun lamanya.


2. Operasikan Sesuai Buku Manual

Biasaya pada saat pembelian genset, pelanggan mendapatkan buku manual setiap pembelian produk genset baru, begitu pula ketika membeli genset Perkins. Buku manual tersebut bukanlah sekedar pelengkap semata, namun disana terdapat segudang informasi penting mulai dari tips menghidupkan hingga mematikan mesinnya. Inilah mengapa penting membaca buku manual sebelum mengoperasikan mesinnya.

Sayangnya sebagian orang beranggapan bahwa mesin masih dapat menyala meskipun tidak sesuai dengan prosedur dalam buku manual. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut tidak akan bertahan lama, hingga Anda menyadari bahwa mesin genset Perkins tidak dapat menghasilkan listrik berkualitas seperti pertama kali membelinya.


3. Periksa Tangki Bahan Bakar

Pemeriksaan tangki bahan bakar, termasuk hal yang tidak kalah penting diperhatikan sebelum mengoperasikan mesinnya. Jangan biarkan bahan bakar genset Perkins berada dalam batas minimum, karena hal ini mempengaruhi kualitas listrik yang dihasilkan sekaligus meningkatkan resiko kerusakan. Sebelum kerusakan semakin parah, tentu saja memeriksa tangki bahan bakar sangat diperlukan.

Layaknya mengoperasikan peralatan elektronik lainnya, menyalakan mesin genset hingga proses mematikannya tidak boleh dilakukan sembarangan. Pastikan semua prosesnya dilakukan sesuai dengan saran yang diberikan pada buku manualnya. Dengan mematuhi saran yang diberikan, mampu mencegah terjadinya kerusakan pada beberapa komponen genset.

Jika memang memiliki kesulitan dalam pengoperasian genset jangan ragu untuk menanyakan ke tempat di mana Anda membeli genset yang dimiliki. Penjual genset yang berkualitas tentu saja akan senang membantu dalam memberikan instruksi pengoperasian jika pemilik genset mengalami kesulitan pengoperasiannya. Bisa juga meminta di training dalam pengoperasian genset yang dimiliki.

8 views0 comments

Comments


bottom of page