top of page
  • Writer's pictureAdmin

Kenapa Harus Mengganti Oli Mesin Genset?


Kenapa Harus Mengganti Oli Mesin Genset

Sebagai pemilik genset ada baiknya memperhatikan tentang beberapa perawatan genset, salah satunya adalah mengganti oli genset. Walaupun kamu menggunakan oli mesin genset terbaik sekalipun, kamu pasti selalu disarankan untuk mengganti oli mesin genset ketika datang waktu perawatan genset. Hal ini dikarenakan oli mesin genset punya umur yang terbatas. Semakin lama oli mesin digunakan semakin turun performa oli mesin yang ada di dalam gensetnya. Hal ini dikarenakan oli mesin genset sedikit demi sedikit akan rusak. Hal ini berlaku untuk mesin genset bensin maupun genset diesel.


Kerusakan oli biasanya disebabkan oleh temperatur panas dan udara yang dihasilkan saat mesin genset bekerja. Selain itu, masih ada 1 penyebabnya yaitu air? Loh kok air? Maksudnya air dari terendam banjir atau kena hujan? Ka rena tidak mungkin di tempatkan di tempat yang rawan banjir apalagi terkena air hujan. Bukan, air yang dimaksud adalah air yang berasal dari pengembunan mesin yang dingin pada malam hari di saat genset tidak digunakan atau lama tidak dipanaskan. Air yang berasal dari pengembunan inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pada oli mesin. Masalahnya 3 faktor utama ini tidak bisa dihindari sehingga setiap pemilik genset perlu memperbaharui oli mesin dalam kurung waktu yang telah ditentukan agar mesin tetap bisa berfungsi secara optimal walaupun genset tidak pernah digunakan.


Apakah sebegitu pentingnya memiliki oli mesin genset yang bagus? Ya, penting sekali terutama jika kamu ingin genset yang dimiliki ingin tetap awet dalam waktu yang lama. Agar mengerti betapa pentingnya oli mesin genset bagi keberlangsungan hidup genset yang dimiliki, berikut ini daftar fungsi oli mesin genset untuk gensetmu:

  • Melapisi permukaan setiap bagian dalam mesin dan memisahkan 2 permukaan logam yang saling bergesekan. Dengan adanya lapisan dari oli mesin ini, aus gesekan antara 2 permukaan logam bisa dikurangi sehingga umur mesin lebih panjang.

  • Mendinginkan mesin dengan cara menyalurkan panas yang diakibatkan gesekan dan pembakaran.

  • Mengangkut kotoran yang terdapat di dalam mesin ke filter oli sehingga kotoran tidak akan menumpuk (alias bersih ) di dalam mesin dan menghambat kinerja mesin. Dengan kotoran menyangkut di filter oli, kita tinggal membersihkan atau mengganti filter agar mesin bisa terus bersih.

  • Mempertahan kompresi pada titik maksimal dan tekanan agar konsumsi bahan bakar genset lebih efektif

  • Merapatkan bagian-bagian mekanik yang bergerak.

Untuk memastikan genset awet, kamu perlu mengganti oli mesin genset secara teratur. Jika tidak dilakukan secara teratur, tarikan gas genset bisa tidak stabil. Apa hubunganya tarikan gas dengan ganti oli? Tanpa mengganti oli genset secara teratur, klep motor akan cepat merenggang. Kalau kelp merenggang berarti tarikan gas genset jadinya tidak stabil. Sehingga listrik dari generator yang dihasilkan jadi tidak stabil. Jadi pastikan jangan tidak ganti oli untuk keawetan gensetmu.


Untuk mengetahui perawatan genset secara rutin pastikan menanyakan ke distributor genset dimana Anda membeli genset. Atau bisa juga membaca buku manual petunjuk perawatan genset bagaimana mengganti oli genset.

23 views0 comments

Comments


bottom of page